love

love

Jumat, 03 April 2015

Cara mengatasi Osteoparasis

           Cara mengatasi osteoporosis merupakan salah satu topik yang menarik untuk diperbincangkan. Hal ini disebabkan semakin meningkatnya kasus osteoporosis yang terjadi saat ini, terutama pada perempuan berusia di atas 50 tahun. Pengeroposan tulang yang sering terjadi yaitu di bagian tulang belakang, pinggul, dan tulang rusuk.
Hampir sepertiga perempuan dan seperenam laki-laki kemungkinan akan mengalami patah tulang pinggul, bahkan 12 hingga 20 % kasus bisa menyebabkan kematian. Oleh sebab itu melindungi dan memperkuat tulang merupakan hal yang sangat penting dilakukan.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberika beberapa cara untuk mengatassi osteoporosis yang bisa Anda aplikasikan berikut caranya:

Advertisement

Asupan kalsium
Suplemen kalsium dapat memperlambat laju pengeroposan tulang sebesar 30 hingga 50%. Tapi alih-alih dari suplemen tentu lebih baik jika kita bisa mendapatkan asupan kalsium alami dari makanan yang kita konsumsi. Oleh sebab itu pastikan untuk mengkonsumsi sumber makanan ataupun minuman yang mengandung suplemen kalsium diantaranya, asparagus, kacang-kacangan, almond, gandum utuh, kacang hijau segar, ikan salmon dan sarden.
Vitamin D
Vitamin D berguna untuk menstimulasi penyerapan kalsium. Adapun sinar matahari dapat membantu mengoptimalkan kinerja vitamin D dalam tubuh Anda. Oleh karena itu berjemur di pagi hari merupakan salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi osteoporosis.
Hindari rokok, kopi dan alkohol
Untuk mengatasi osteoporosis berarti Anda harus menghindari kopi, rokok, dan alkohol karena akan berdampak negatif bagi kesehatan tulang Anda.
Hindari shoft drink
Soft drink terutama yang bersoda adalah salah satu faktor yang berkontribusi besar dalam pengeroposan tulang. Asam yang terkandung dalam soda soft drink bisa menghilangkan lapisan enamel gigi serta menghabiskan simpanan kalsium dalam tulang.
Olahraga
Salah satu cara paling mudah dilakukan untuk mengatasi osteoporosis yaitu dengan olahraga secara rutin. Olahraga secara rutin sangat baik untuk memperkuat tulang. Beberapa jenis olahraga yang bisa Anda pertimbangkan diantaranya yaitu yoga, aerobik atau latihan beban.
Teh hijau
Meminum teh hijau dapat mengatasi osteoporosis dengan cara mempertahankan kepadatan tulang. Sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of American College of Nutrition mengatakan bahwa perempuan berusia 70 hingga 85 tahun yang meminum teh hijau secara rutin memiliki kepadatan tulang pinggul yang lebih banyak dibandingkan perempuan yang tidak meminum teh hijau.
Demikian cara mengatasi osteoporis. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Tetap jaga kesehatan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar